lansia

Apakah orang yang sudah lanjut usia butuh asuransi jiwa?

Orang yang usianya sudah tua diharapkan sudah punya aset yang cukup banyak untuk menghidupi masa tua mereka, dan anak-anak pun seharusnya sudah mandiri. Dalam kondisi ini, asuransi jiwa bukan kebutuhan, tapi boleh saja jika ingin punya, misalnya untuk menambah warisan untuk anak.

Yang pasti, kalau seseorang meninggal dunia, setidaknya ada dua pos pengeluaran:

  1. Biaya pengurusan jenazah dan pemakaman, atau prosesi di rumah duka.
  2. Biaya tradisi yang menyertainya, misalnya tahlilan untuk kaum muslim tradisional, ngaben untuk kaum Hindu Bali, saur matoa untuk warga suku Batak, dan lain-lain. Seringkali biaya tradisi kematian ini jauh lebih tinggi daripada biaya pengurusan jenazah.

Jika lansia tersebut atau keluarganya sudah punya dana untuk itu, asuransi jiwa tidak diperlukan. Tapi jika belum ada dananya, sebaiknya ambil asuransi jiwa.

Dengan asuransi jiwa, jika seseorang meninggal dunia, maka akan keluar sejumlah dana yang besar, yang bisa dipakai untuk keperluan pengurusan jenazah dan tradisi yang menyertainya, serta untuk kebutuhan lainnya.

Dua pos biaya di atas belum termasuk jika lansia tsb punya tanggungan utang, karena utang tetap harus dibayar walaupun sudah tiada. Dan jika lansia tsb masih menghidupi anak-anak yang belum mandiri, wajiblah dia punya asuransi jiwa.

Contoh Premi Asuransi Jiwa untuk Lansia

Berapa premi asuransi jiwa untuk lansia?

Premi tergantung usia, jenis kelamin, merokok atau tidak, dan kondisi kesehatan.

Dari Manulife Indonesia, ada 5 produk yang dapat anda pertimbangkan.

  1. MEA (Manulife Essential Assurance): asuransi jiwa tradisional whole life. Masa bayar 5, 10, atau 20 tahun, masa perlindungan dijamin sd usia 99 tahun, dan ada nilai tunai sebesar UP (uang pertanggungan) jika masih hidup di usia 99 tahun.
  2. Mission (MiSmart Insurance Solution): asuransi jiwa unit link. Masa bayar seumur hidup, dan ada kemungkinan diminta top up jika nilai investasi habis. Masa perlindungan maksimal sd usia 110 tahun.
  3. Mission Syariah: asuransi jiwa unit link syariah. Masa bayar seumur hidup, dan ada kemungkinan diminta top up jika nilai investasi habis. Masa perlindungan maksimal sd usia 110 tahun.
  4. MiAction (MiAssurance Protection Plan): asuransi dwiguna. Masa bayar 5 tahun, UP 550% dari premi tahunan, ada dana tahapan mulai tahun ke-6 sd ke-20 dan manfaat akhir kontrak dengan total pengembalian 180%. UP yang didapat cukup bersaing dengan MEA utk usia di atas 65 tahun.
  5. MSP (Manulife Saving Protector): asuransi dwiguna. Satu-satunya pilihan yang mungkin diambil untuk lansia di atas 70 tahun sd 80 tahun. Memberikan manfaat dana tahapan mulai akhir tahun ke-5 dan pengembalian premi 100% di akhir kontrak (tahun ke-10, 15, atau 20). Manfaat dana tahapan akan lebih besar hingga 3x lipat jika meninggal dunia di tahun ke-6 dan seterusnya.

Sebagai contoh: Seorang pria 60 tahun, sehat tidak merokok, mengambil UP 250 juta. Maka preminya sbb:

  • Produk MEA: Premi 28.052.000 per tahun (MPP 5 tahun), 16.445.000 per tahun (MPP 10 tahun), atau 12.122.500 per tahun (MPP 20 tahun).
  • Produk Mission/Mission Syariah: Premi 15 juta per tahun atau 1,25 juta per bulan. Bayar seumur hidup + ada kemungkinan top up.

Contoh premi lainnya dapat dilihat pada tabel berikut, untuk UP 500 juta:

premi asuransi jiwa manulife

Catatan:

  • Premi dalam ribuan (000).
  • Premi tahunan. Untuk produk MEA, premi bisa semesteran (lebih tinggi 5%), triwulanan (10%), atau bulanan (14%). Untuk produk Mission/Misya, premi sama saja untuk setiap frekuensi pembayaran.
  • Untuk produk MEA, masa bayar dijamin sesuai masa pembayaran yang dipilih (5, 10, atau 20 tahun). Manfaatnya sbb: Jika meninggal sebelum usia 99 tahun, cair 100% UP. Jika masih hidup di usia 99 tahun, cair 100% UP.
  • Untuk produk Mission/MiSya, masa bayar sampai usia 110 tahun, dan ada kemungkinan diminta top up tunggal jika nilai investasi habis. Manfaatnya sbb: Jika meninggal sebelum usia 110 tahun, cair 100% UP + nilai investasi. Jika masih hidup di usia 110 tahun, cair sebesar nilai investasi (jika ada).
  • Untuk usia yang cukup lanjut (di atas 65 tahun), anda dapat mempertimbangkan produk MiAction (asuransi dwiguna). Masa bayar 5 tahun, UP 550% dari premi tahunan, masa perlindungan 20 tahun, ada dana tahapan di tahun ke-6 sd tahun ke-20, dan total premi kembali 180%.
  • Untuk usia di atas 70 tahun dan sebelum 80 tahun, anda hanya bisa mengambil produk MSP, dengan tujuan agar warisan yang anda berikan kepada ahli waris bisa lebih besar.

Demikian. []


 

Untuk konsultasi ttg asuransi Manulife, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Agen Manulife)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: asep_sopyan@manulife.co.id | Youtube: Asep Sopyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *