Proses pendaftaran asuransi di Manulife Indonesia:

Pertama, pilih produk yang akan anda beli

Kenali kebutuhan anda apa, apakah asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun, atau yang lainnya. Daftar produk Manulife bisa dilihat di SINI.

Mintalah proposal atau ilustrasi produk untuk mengetahui berapa premi yang anda bayar dan manfaat yang didapatkan. Pilih ilustrasi yang anda setujui.

Kedua, siapkan data dan dokumen yang diperlukan

Data yang dibutuhkan dalam pendaftaran asuransi meliputi data kontak (no HP, email, alamat), pekerjaan, penerima manfaat, cara pembayaran premi dan rekening, dan riwayat kesehatan (tergantung tipe underwriting dari produk yang diambil).

Lampiran wajib:

  1. Dokumen kependudukan calon tertanggung dan pemegang polis (KTP, paspor, Kitas/Kitap, akta lahir, kartu keluarga)
  2. Proposal yang disetujui dan ditandatangani calon nasabah
  3. Bukti transfer premi pertama (kecuali cara bayar menggunakan kartu kredit)

Lampiran lain jika dibutuhkan:

  1. Surat kuasa pendebetan rekening + foto buku tabungan (jika cara bayar menggunakan autodebet tabungan), atau surat kuasa pendebetan kartu kredit + foto kartu kredit bagian depan (jika cara bayar menggunakan kartu kredit)
  2. Dokumen medis (resume medis, hasil cek lab, dll), jika ada riwayat sakit
  3. Dokumen finansial (laporan keuangan, referensi bank, dll), jika mengambil polis dengan UP atau premi yang tinggi.

Pengisian data dan lampiran dilakukan oleh agen melalui aplikasi MIPOS di gawai agen (laptop, tablet, HP). Prosesnya bisa dilakukan secara tatap muka (bertemu langsung) atau tanpa tatap muka.

Ketiga, proses underwriting

Underwriting atau penilaian risiko ada tiga macam:

  1. GIO (Guaranteed Issuance Offer): Polis langsung disetujui tanpa seleksi kesehatan
  2. SIO (Simplified Issuance Offer): Tiga pertanyaan sederhana tentang kesehatan. Polis akan langsung disetujui jika ketiga pertanyaan dijawab tidak.
  3. Full underwriting: Pertanyaan lengkap tentang kesehatan dan dimungkinkan ada tes medis (jika UP melebihi tabel tes medis atau jika ada riwayat sakit).

Hasil underwriting dapat berupa satu dari tiga kemungkinan:

  1. Diterima standar sesuai pengajuan
  2. Diterima substandard (dikenakan pengecualian, tambahan premi, atau pembatasan lain)
  3. Ditolak (declined)

Lamanya proses underwriting mulai 1 hari sd 14 hari kerja dihitung dari data diterima lengkap oleh underwriter.

Keempat, penerbitan dan pengiriman polis

Saat ini disarankan nasabah memilih polis elektronik. Polis elektronik dalam bentuk file pdf disimpan di portal MiAccount. Satu hari setelah polis disetujui, nasabah akan menerima notifikasi ke email bahwa polis sudah tersedia di portal MiAccount. Diharapkan nasabah segera mengaktfikan MiAccount agar dapat melihat buku polisnya dan dokumen lain. Cara mengaktifkan MiAccount dapat dibaca di SINI.

Bagi nasabah yang tetap memilih polis cetak, dikenakan biaya cetak sebesar 100 ribu, ditambahkan ke premi pertama. Buku polis akan dikirim ke alamat korespondensi yang dicantumkan di SPAJ/SPAK. Polis cetak diterima oleh nasabah paling lambat 10 hari setelah polis disetujui.

Baik yang memilih polis elektronik ataupun polis cetak akan menerima ringkasan polis dalam bentuk cetak, dikirim ke alamat korespondensi nasabah.

Kelima, welcome call

Antara H+1 sd H+10 dari tanggal polis disetujui, Manulife akan menghubungi nasabah via telepon untuk mengonfirmasi bahwa benar nasabah telah membuka polis Manulife, memastikan pemahaman nasabah mengenai polis yang diambil, dan memverifikasi beberapa data penting lain.

Welcome Call dilakukan dari nomor telepon resmi Manulife Indonesia: 021 5084 2100 atau 021 5082 4400 (silakan dicatat nomor ini).

Proses welcome call dilakukan maksimal 3 kali. Jika setelah 3 kali nasabah tidak mengangkat telepon, akan dikirim informasi via sms dan agen akan diminta untuk mengirimkan bukti telah bertemu dengan nasabah.

Demikian. []

Untuk konsultasi tentang asuransi Manulife, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Business Director Manulife)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: asep_sopyan@manulife.co.id | Youtube: Asep Sopyan

Atau:

Cari Agen Manulife di Kota Anda