jadi agen manulife

Proses Pendaftaran Agen Manulife

Proses pendaftaran calon agen Manulife dilakukan melalui aplikasi atau portal MiRecruit.

Urutan langkahnya sbb:

  1. Pengecekan status agen oleh leader
  2. Pendaftaran calon agen oleh leader
  3. Mengisi form pendaftaran agen
  4. Menunggu persetujuan dari Manulife
  5. Mengerjakan pelatihan SET
  6. Mengerjakan ujian AAJI/AASI

Berikut penjelasan dari tiap langkah:

Pertama, pengecekan status agen oleh leader

Leader atau Perekrut melakukan pengecekan status Calon Agen di AAJI dan AASI. Pengecekan dilakukan berdasarkan data KTP calon agen, meliputi nama, tanggal lahir, dan nomor KTP.

Agar bisa bergabung sebagai agen asuransi di Manulife, calon agen harus berstatus tidak terdaftar di perusahaan asuransi lain. Jika pernah menjadi agen, statusnya harus sudah tidak aktif minimal 30 hari dari tanggal terminasi di perusahaan sebelumnya. Tak masalah jika lisensi AAJI masih aktif, malah bagus karena tidak perlu ujian lagi ketika bergabung ke Manulife.

Kedua, pendaftaran calon agen oleh leader

Leader mendaftarkan calon agen di aplikasi MiRecruit dengan mengisi nama lengkap sesuai KTP, no HP, dan email.

Ketiga, mengisi form pendaftaran agen

Calon agen akan menerima email berisi tautan ke portal MiRecruit. Portal ini bisa dibuka di browser di perangkat apa pun (HP, tablet, laptop). Calon agen mengisi data dan lampiran yang dibutuhkan.

Data yang diminta meliputi:

  • Data pribadi
  • Pendidikan terakhir
  • Status pernikahan dan data pasangan (jika menikah)
  • Alamat sesuai KTP
  • Alamat sesuai domisili (jika berbeda dengan KTP)
  • Data rekening bank
  • Informasi kerabat yang tidak tinggal serumah (nama, alamat, no kontak, hubungan)
  • Data pekerjaan saat ini dan apakah pernah bekerja sebagai agen asuransi
  • NPWP
  • Lisensi yang akan diambil (AAJI atau AASI, atau keduanya). Disarankan ambil lisensi AAJI terlebih dahulu, dan setelah diterima sebagai agen barulah mengambil lisensi AASI.

Lampiran yang dibutuhkan:

  • KTP
  • Pas foto warna
  • NPWP
  • Bukti transfer pembayaran lisensi

Setelah semua data dan lampiran diisi di Portal MiRecruit, calon agen diminta untuk membaca Buku Pedoman Agen (dan Buku Pedoman Manajer bagi yang mendaftar sebagai manajer).

Selanjutnya, calon agen membubuhkan tanda tangan secara digital di dalam portal MiRecuit.

Setelah ditandatangani, formulir disubmit.

Keempat, menunggu persetujuan dari Manulife

Jika dokumen dinyatakan lengkap dan tidak ada kekurangan, kode agen akan keluar dalam waktu 1 hari kerja. Agen akan dibuatkan akun email di Microsoft Office 365 dengan domain nama_agen@manulife.co.id. Akun ini akan menjadi akses ke berbagai aplikasi yang disediakan Manulife untuk para agen.

Kelima, mengerjakan pelatihan SET

Agen harus menyelesaikan pelatihan SET (Sales Essential Training) di aplikasi ManuAcademy. SET merupakan training wajib bagi agen baru. Di sini dijelaskan mengenai dasar-dasar asuransi, benefit sebagai agen Manulife, langkah menjual asuransi, pengenalan produk asuransi di Manulife, prosedur pendaftaran asuransi, cara klaim asuransi, kode etik agen asuransi, dan kisi-kisi soal ujian AAJI serta ujian AASI.

Keenam, mengerjakan ujian AAJI/AASI

Setelah menyelesaikan pelatihan SET, agen akan didaftarkan untuk mengikuti ujian lisensi AAJI atau AASI (boleh salah satu). Pelaksanaan ujian dilaksanakan melalui aplikasi AAJI Mobile Exam/AASI Agent Test di HP. Waktunya sekitar 90 menit.

Jika lulus ujian, lisensi akan aktif dalam waktu 1 hari kerja. Setelah itu agen bisa mulai membuat proposal dan mendaftarkan polis melalui portal MIPOS. Portal ini bisa diakses melalui perangkat apa pun (PC, laptop, tablet, HP) karena bersifat web-base.

Jika tidak lulus ujian, agen bisa mengulang dengan membayar biaya retaker 75 ribu.

Demikian prosedur pendaftaran agen di Manulife Indonesia. []

Catatan:

  • Sebelum mendaftar sebagai agen, pastikan anda telah memahami tujuan jadi agen asuransi dan kenapa di Manulife. Anda juga telah memahami perihal asuransi setidaknya secara umum, dan lebih baik jika anda telah memiliki asuransi. Jika anda bergabung dengan saya, sebaiknya kita telah saling mengenal dan mengobrol, setidaknya lewat Zoom/Meet, agar anda sudah memahami secara garis besar mengenai sistem bisnis di Manulife dan produk-produk unggulan. Daftar produk Manulife bisa dibaca di SINI.
  • Jenjang karier di Manulife terdiri dari tiga level: Life Planner (LP), Business Manager (BM), dan Business Director (BD). Anda dapat mendaftar sebagai LP, atau jika memenuhi syarat, dapat mendaftar sebagai manajer (BM atau BD). Syarat menjadi manajer: pernah menjadi manajer/leader di perusahaan asuransi lain. Selengkapnya mengenai karier di Manulife bisa dibaca di SINI.
  • Biaya lisensi AAJI 225 ribu, biaya lisensi AASI 128 ribu. Biaya ini akan diganti jika anda mendaftarkan polis dalam waktu 1 bulan sejak lulus ujian. Jika sebelumnya pernah menjadi agen asuransi, perlu dicek dulu apakah lisensinya masih aktif atau tidak. Jika masih aktif, cukup membayar biaya mutasi 50 ribu. Jika tidak aktif, perlu dicek lagi apakah harus perpanjang lisensi atau harus mengulang ujian dari awal, dan berapa biayanya. Cara pengecekan menggunakan data KTP oleh Leader.
  • Kisi-kisi soal ujian AAJI dan AASI bisa diunduh juga di SINI.



 

Untuk berdiskusi tentang bisnis asuransi di Manulife, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Business Director Manulife)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: asep_sopyan@manulife.co.id | Youtube: Asep Sopyan