suze orman asuransi jiwa

Siapa yang Membutuhkan Asuransi Jiwa?

Menurut Suze Orman, seorang penasihat keuangan terkenal asal Amerika Serikat, jika anda memiliki anak, pasangan, kerabat, atau orangtua yang bergantung pada anda dan penghasilan anda, maka anda membutuhkan asuransi jiwa.

Suze Orman bicara tentang fungsi asuransi jiwa yang paling utama, yaitu sebagai proteksi penghasilan.

Ketika seseorang masih hidup dan sehat, dia bisa bekerja untuk mendapatkan penghasilan, yang dengan penghasilan itu dia dapat menafkahi keluarganya atau orang-orang yang berada dalam tanggungannya.

Tapi ketika dia meninggal dunia, otomatis dia tidak bekerja lagi, dan tak ada lagi nafkah yang bisa dia berikan untuk keluarganya (pada umumnya orang seperti ini).

Jika keluarganya tidak punya sumber penghasilan lain yang setara, sudah tentu ini akan menjadi kondisi yang berat bagi mereka.

Tapi jika si pencari nafkah ini punya asuransi jiwa, maka akan keluar sejumlah uang besar untuk ahli waris, yang dapat digunakan untuk membiayai kehidupan keluarga tsb.

Itulah fungsi asuransi jiwa sebagai proteksi penghasilan.

Fungsi ini setidaknya perlu dipenuhi ketika seseorang masih punya anak-anak yang belum mandiri secara ekonomi. Jika anak-anak sudah mandiri atau pasangan pun bisa mencari uang sendiri dengan sama baiknya, pada dasarnya keikutsertaan pada asuransi jiwa bisa dihentikan. Atau jika mau dilanjutkan, maka asuransi jiwa tsb berubah fungsi utamanya menjadi perencanaan waris.

Solusi yang Tepat

Asuransi jiwa seperti apa yang dapat digunakan sebagai proteksi penghasilan?

Pada dasarnya semua produk asuransi jiwa bisa, tapi sedapat mungkin pilihlah produk yang preminya relatif rendah namun mendapatkan UP (uang pertanggungan) yang tinggi.

Di Manulife, produk yang memenuhi kriteria tsb adalah ProActive Plus (PAP).

PAP merupakan asuransi jiwa berjangka (Term Life). Ciri asuransi jiwa term life adalah masa pembayaran premi sama dengan masa perlindungan dan tanpa nilai tunai alias premi hangus.

PAP menyediakan masa perlindungan 5 tahun sampai 20 tahun, dan setelahnya dapat diperpanjang sampai maksimum usia 70 tahun. PAP memiliki fitur garansi perpanjangan tanpa seleksi kesehatan ulang, sehingga polis anda dijamin akan dapat diperpanjang pada periode berikutnya.

Sebagai contoh, jika anda seorang pria sehat berusia 30 tahun, anda bisa mendapatkan UP 2 miliar dengan premi hanya 6 juta per tahun untuk masa perlindungan selama 20 tahun. Premi akan tetap selama 20 tahun, namun jika anda memperpanjangnya di periode 20 tahun berikutnya, premi akan naik signifikan menjadi 31,06 juta (5 kali lipat lebih).

Sebagai asuransi berjangka, PAP tidak dirancang untuk jangka panjang, apalagi hingga seumur hidup. Namun PAP cocok untuk melindungi penghasilan di masa produktif anda.

Jika anda membayangkan untuk memproteksi penghasilan anda di masa produktif sekaligus memastikan UP dapat diwariskan jika anda panjang umur, sebaiknya sejak awal anda mengambil asuransi jiwa Whole Life. Secara keseluruhan, preminya akan lebih murah.

Produk whole life di Manulife adalah MEA (Manulife Essential Assurance). Sebagai contoh, jika pria sehat 30 tahun ini jika mengambil produk MEA dengan UP 2M, preminya adalah 17,3 juta per tahun dengan masa pembayaran premi 20 tahun. Jadi total setor 346 juta. Preminya memang hampir tiga kali lipat dari PAP, namun setelah 20 tahun tidak perlu lagi bayar premi dan proteksi akan aktif terus sampai usia 99 tahun. Bahkan jika masih hidup di usia 99 tahun, uang 2M akan tetap didapatkan sebagai manfaat akhir kontrak.

Tinggal anda pilih mau produk yang mana, disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Tapi jika kembali ke tujuan utama memproteksi penghasilan, maka produk PAP sudah cukup.

Agar kenaikan preminya tidak signifikan, anda bisa mengambil jangka waktu yang lebih pendek, misalnya 5 tahun, dan nanti tiap lima tahun diperpanjang. Preminya untuk pria usia 30 tahun, UP jiwa 2M, adalah 4,16 juta per tahun (usia 30-34 tahun), lalu di usia 35-39 naik menjadi 5,6 juta, lalu menjadi 8,56 juta (40-44 tahun), lalu menjadi 12,78 juta (45-49 tahun), lalu menjadi 19,22 juta (usia 50-54).

Kapan pun anda merasa tidak membutuhkannya lagi, misalnya karena anak-anak anda sudah mandiri dan aset bersih anda sendiri sudah cukup besar, anda bisa berhenti membayar preminya dan perlindungan pun berakhir.

Demikian. []

 

Untuk konsultasi tentang bisnis asuransi di Manulife, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Business Director Manulife)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: asepsopyan.asn@gmail.com | Youtube: Asep Sopyan

Atau

Cari Agen Manulife di Kota Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *