mea

MEA (Manulife Essential Assurance) adalah produk asuransi jiwa tradisional jenis whole life (seumur hidup), sedangkan MiPassion (MiProsper Assurance for Pension) dapat digolongkan juga sebagai whole life namun dengan jangka waktu dan manfaat yang dimodifikasi.

Kedua produk ini memiliki manfaat dan premi yang tidak berbeda jauh. Keduanya sama-sama memberikan manfaat UP (uang pertanggungan) jika tertanggung meninggal dunia dalam masa pertanggungan dan sekaligus UP jika tertanggung masih hidup di akhir kontrak.

Namun ada beberapa perbedaan, yaitu sbb:

Pertama, perbedaan nilai UP

UP di produk MEA bernilai sama antara UP meninggal dengan UP di akhir kontrak. Sedangkan UP di produk MiPassion bernilai 100% di masa produktif lalu turun menjadi 50% di masa pensiun dan akhir kontrak.

Kedua, perbedaan manfaat UP

UP pada MEA hanya berfungsi untuk risiko meninggal dunia atau jika masih hidup pada akhir kontrak. Sedangkan pada MiPassion, ketika memasuki usia pensiun, UP yang tinggal 50% itu selain dipakai untuk meninggal dunia atau akhir kontrak, dapat dipakai juga sebagai santunan kesehatan (dalam hal ini santunan rawat inap harian dan penggantian biaya pemeriksaan kesehatan). Pemakaian santuan kesehatan akan mengurangi UP meninggal dunia dan manfaat akhir kontrak.

Ketiga, perbedaan jangka waktu perlindungan

MEA memberikan masa perlindungan sampai tertanggung berusia 99 tahun, sedangkan MiPassion memiliki dua pilihan: untuk usia pensiun 55 tahun, masa perlindungan sampai usia 75 tahun, dan untuk usia pensiun 65 tahun, masa perlindungan sampai usia 85 tahun.

Keempat, tambahan manfaat meninggal karena kecelakaan

MEA memberikan tambahan manfaat meninggal karena kecelakaan sebesar 100 – 600 juta tergantung UP jiwa yang diambil, selama masa pertanggungan. Sedangkan MiPassion memberikan manfaat kecelakaan lebih besar yaitu sama dengan UP jiwa yang diambil, namun hanya di masa produktif (sebelum usia pensiun yang dipilih).

Dari keempat perbedaan di atas, MEA merupakan instrumen yang tepat untuk perlindungan pada usia produktif sekaligus sebagai perencanaan waris. Sedangkan MiPassion dibuat dengan pertimbangan bahwa pada usia produktif, orang memang membutuhkan perlindungan jiwa yang besar, namun pada masa pensiun atau usia tua, yang lebih dibutuhkan adalah perlindungan kesehatan.

Pada masa produktif, pada umumnya orang punya anak-anak yang masih kecil dan masih sekolah, sehingga orangtua perlu mengambil asuransi jiwa dengan UP jiwa yang tinggi. Kebutuhan ini dipenuhi dengan baik oleh produk MEA maupun MiPassion.

Namun ketika memasuki usia pensiun, ada perbedaan kebutuhan. Pada saat ini diharapkan anak-anak sudah lulus kuliah dan bisa mandiri, sehingga kebutuhan akan proteksi jiwa menjadi jauh berkurang. Pada usia ini, orang biasanya mulai dihampiri berbagai macam penyakit, maka proteksi kesehatan lebih dibutuhkan. Di sini MiPassion mulai memberikan manfaatnya, sedangkan MEA tetap dengan rencana semula sebagai warisan pasti untuk anak-anak.

Contoh Ilustrasi

Pria usia 35 tahun, sehat tidak merokok, UP 1M, pembayaran premi 10 tahun.

Jika memakai produk MEA, preminya 16,25 juta per tahun. Jika memakai MiPassion, preminya 20,66 juta untuk usia pensiun 55 tahun, dan 18,93 juta per tahun untuk usia pensiun 65 tahun.

Manfaat MEA:

  • Jika tertanggung meninggal sebelum usia 99 tahun, cair 1M
  • Jika tertanggung meninggal karena kecelakaan sebelum usia 99 tahun, cair 1,1M
  • Jika tertanggung hidup di usia 99 tahun, cair 1M.

Manfaat MiPassion:

  • Jika tertanggung meninggal sebelum usia pensiun (55 atau 65), cair 1M
  • Jika tertanggung meninggal karena kecelakaan sebelum usia pensiun (55 atau 65), cair 2M
  • Jika tertanggung mengalami rawat inap dalam masa pensiun (antara usia 55-75 atau usia 65 sd 85 tahun), diberikan santunan harian rawat inap sebesar 1 juta per hari, maksimal 500 juta.
  • Jika tertanggung melakukan pemeriksaan kesehatan dalam masa pensiun, diberikan maksimal 2,5 juta per tahun, maksimal 1 kali per tahun. Maksimal manfaat digabungkan dengan santunan harian rawat inap adalah 500 juta.
  • Jika tertanggung meninggal di usia pensiun sampai sebelum akhir kontrak (usia 75 atau 85 tahun), cair 500 juta dikurangi santunan kesehatan yang telah dibayarkan (jika ada)
  • Jika tertanggung hidup di akhir kontrak (usia 75 atau 85 tahun), cair 500 juta dikurangi santunan kesehatan yang telah dibayarkan (jika ada).

Simpulan

Mana yang lebih disarankan dari kedua produk ini?

  • Jika anda ingin memberikan warisan yang lebih besar untuk anak-anak anda, MEA lebih cocok. Untuk kesehatan pribadi, anda bisa mengambil MIUHC.
  • Jika anda ingin tidak perlu merepotkan anak-anak di usia tua anda terkait masalah kesehatan, MiPassion lebih sesuai. Dan anda tetap masih perlu asuransi kesehatan yang lebih komprehensif semacam MIUHC.

Demikian. []

 

Untuk konsultasi tentang asuransi Manulife, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Business Director Manulife)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: asepsopyan.asn@gmail.com | Youtube: Asep Sopyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *