agen asuransi

Ada beberapa jalur penjualan asuransi. Yang paling umum adalah melalui agen. Biasanya agen bergerak aktif mendatangi calon nasabah untuk menawarkan asuransi, tapi bisa juga calon nasabah yang mencari agen. Agen dan calon nasabah bertemu, terjadi konsultasi, jika cocok maka dilanjutkan dengan pembelian produk asuransi.

Jalur lain yang juga cukup populer adalah melalui bank yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi, atau disebut bancassurance. Agen bancassurance menawarkan asuransi kepada nasabah bank yang datang ke bank. Agen bancass juga diberikan data nasabah bank yang sudah diprospek sebelumnya oleh bank, lalu ditugaskan untuk menindaklanjuti dengan pembelian asuransi.

Jalur lain yang kerap dilakukan perusahaan asuransi adalah melalui telemarketing. Perusahaan asuransi biasanya bekerja sama dengan bank atau penyedia kartu kredit untuk mendapatkan data, dan agen telemarketing akan menghubungi kontak yang ada di data ini satu per satu. Di sini calon nasabah sepenuhnya bersifat pasif, hanya mendengarkan penjelasan dari agen saja, dan menyatakan setuju atau tidak setuju. Proses pembelian dilakukan lewat percakapan telepon yang direkam. Pada umumnya produk yang dijual melalui telemarketing merupakan produk asuransi yang sederhana, seperti produk asuransi jiwa murni, asuransi kecelakaan, atau asuransi kesehatan yang memberikan santunan harian.

Itulah tiga jalur pemasaran asuransi yang lazim dilakukan. Beberapa perusahaan asuransi ada yang melayani pembelian melalui website, tapi hanya untuk produk asuransi yang sederhana. Ada juga jalur penjualan melalui broker (pialang), tapi hanya untuk asuransi umum.

Di antara jalur-jalur tsb, mana yang paling direkomendasikan jika anda ingin membeli asuransi?

Menurut saya adalah melalui agen asuransi. Kelebihan membeli melalui agen asuransi sbb:

  • Bisa dihubungi kapan saja, termasuk di luar hari dan jam kerja.
  • Produk lengkap, baik produk asuransi yang sederhana maupun dan terutama produk yang rumit seperti unit link atau produk dengan fitur yang banyak.
  • Gratis konsultasi, walaupun anda tidak jadi membeli. Anda boleh tanya sedetail mungkin tentang produk yang ditawarkan atau yang anda minati, dan semua itu tidak perlu bayar.
  • Mendapatkan layanan hingga seumur hidup, selama polis anda masih aktif. Layanan agen bersifat personal, bagaikan asisten pribadi khusus untuk urusan asuransi. Di tengah jalan mungkin anda ingin melakukan perubahan data polis, penarikan dana, mengajukan klaim, follow up progres klaim, menambah polis, dsb, maka anda bisa menghubungi agen anda untuk minta bantuan. Jika anda tidak membeli lewat agen, untuk layanan-layanan tersebut anda harus menghubungi CS (customer service) yang mana CS itu akan beda terus orangnya setiap kali anda menelepon.

Untuk mendapatkan layanan tsb secara memuaskan, tentu saja anda perlu memilih agen asuransi yang profesional. Profesional artinya agen yang telah bekerja sepenuh waktu sebagai agen asuransi dan menguasai seluk-beluk asuransi secara baik.

Agen asuransi adalah profesi jangka panjang, hingga seumur hidup. Jika anda membeli melalui agen yang telah sepenuhnya bekerja sebagai agen asuransi, kecil kemungkinan dia akan beralih ke profesi lain. Kalaupun pindah perusahaan, ia hanya akan berpindah ke sesama perusahaan asuransi, dan masih akan bisa melayani para nasabahnya yang lama.

Hal ini akan berbeda jika anda membeli melalui bank. Agen yang bekerja di bank pada umumnya lebih pendek masa kerjanya, bisa karena tuntutan kerja yang sangat tinggi sehingga dia berpindah, atau kerjasama bank dengan perusahaan asuransinya yang memang dibatasi waktu.

Apalagi jika anda membeli melalui telemarketing, atau membeli melalui website, maka anda hanya bisa mendapatkan layanan melalui CS perusahaan.

Demikian. []

 

Untuk konsultasi tentang asuransi, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Business Director Manulife)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: asep_sopyan@manulife.co.id | Youtube: Asep Sopyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *