unit link

Unit-link adalah produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi atau disingkat PAYDI. Investasinya disalurkan pada reksadana, yang dapat dikelola sendiri oleh perusahaan asuransi atau diserahkan ke perusahaan manajer investasi.

Sebagaimana halnya reksadana, investasi pada unit link mengandung risiko, tergantung jenis reksadana yang dipilih dan kondisi pasar atau makro ekonomi.

Apa fungsi nilai investasi pada produk unit link?

  1. Membayar biaya asuransi dan administrasi

Ini adalah fungsi dasar dari unsur investasi pada unit link. Biaya asuransi dan administrasi dipotong dari nilai investasi sejak awal sampai masa asuransi berakhir. Biaya asuransi (cost of insurance atau iuran tabarru pada asuransi syariah) adalah biaya yang dikenakan untuk setiap manfaat asuransi yang diambil, baik asuransi dasar maupun rider (asuransi tambahan).

  1. Cuti premi di tengah jalan

Dengan adanya nilai investasi, nasabah bisa cuti premi (berhenti bayar premi untuk sementara, misalnya karena sedang mengalami kesulitan keuangan), dan polis tetap aktif selama nilai investasi masih cukup untuk membayar biaya asuransi dan administrasi.

Hanya unit link yang bisa cuti premi. Pada produk asuransi tradisional yang mengandung nilai tunai, jika tidak bayar premi setelah melewati masa tenggang, maka akan berlaku pinjaman premi otomatis (kena bunga) dan akan lapse jika saldo habis. Pada asuransi tradisional yang tidak mengandung nilai tunai, polis otomatis lapse jika tidak membayar premi.

Perlu diketahui, sejak Maret 2022, cuti premi tidak lagi berlaku otomatis tapi harus diajukan secara manual ke perusahaan asuransi. Info bisa dibaca di SINI.

  1. Membuat premi menjadi tetap (flat)

Pada asuransi tradisional tanpa nilai tunai, premi akan naik seiring usia. Tapi pada unit link, premi akan tetap karena dibantu oleh nilai investasinya, setidaknya selama nilai investasi masih cukup untuk membayar biaya asuransi dan administrasi.

Namun perlu dipahami bahwa premi flat ini kemungkinan besar tidak akan berlaku untuk selamanya, karena biaya asuransi naik setiap tahun dan di masa depan akan jauh lebih tinggi daripada premi awal.

  1. Bisa ditarik jika diperlukan

Jika nilai investasi sudah terbentuk, dana yang ada bisa ditarik untuk keperluan apa pun oleh nasabah. Jika ditarik sebagian dengan tetap menyisakan minimal saldo yang diperkenankan, polis tetap aktif. Jika ditarik semuanya, polis berakhir.

Beberapa polis unit link seperti yang ada di Manulife memberlakukan penalti jika penarikan dilakukan di 7 tahun pertama polis. Tapi pada prinsipnya, dana unitlink adalah milik nasabah sehingga bisa ditarik kapan saja (jika sudah terbentuk).

Demikian empat fungsi investasi pada unit link. Seperti dilihat pada keempat fungsi di atas, investasi unit link bukanlah bertujuan untuk mencari keuntungan seperti investasi pada umumnya, tapi untuk melindungi polis sudah aktif lebih lama. Bagaimana pun, unit link adalah produk asuransi, jadi tujuan utamanya tetaplah proteksi atau berjaga-jaga dari risiko-risiko yang tidak diinginkan. []

 

Untuk konsultasi tentang asuransi Manulife, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Business Director Manulife)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: asep_sopyan@manulife.co.id | Youtube: Asep Sopyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *