nilai investasi habis

Bagaimana jika nilai investasi unit link habis?

Untuk anda yang polis unit linknya sudah berjalan belasan tahun atau lebih dari 20 tahun, hal ini mungkin terjadi meskipun anda membayar premi secara rutin tanpa putus.

Jika bayar preminya banyak bolongnya, maka nilai investasi akan habis lebih cepat.

Nilai investasi atau saldo unit link digunakan untuk membayar biaya asuransi dan administrasi setiap bulan, dan biaya asuransi ini nilainya naik seiring usia, sehingga lama-lama akan lebih besar dari premi awal. Biaya asuransi juga bisa naik jika perusahaan asuransi melakukan repricing (perubahan biaya), khususnya yang terjadi dalam dua tahun ini di banyak perusahaan asuransi untuk rider kesehatan sesuai tagihan.

Seperti dinyatakan dalam polis  asuransi unit link, biaya asuransi (cost of insurance, atau iuran tabarru dalam asuransi syariah) dan biaya-biaya lainnya memang bisa naik sewaktu-waktu.

Kembali ke pertanyaan di awal, jika nilai investasi unit link habis, maka polis lapse (batal, berakhir, nonaktif), karena tidak tersedia dana yang cukup untuk membayar biaya asuransi dan administrasi bulanan.

Apa yang harus dilakukan agar polis tetap aktif?

Jika biaya asuransi masih lebih rendah dari premi, anda cukup melanjutkan membayar premi secara rutin.

Tapi jika biaya asuransi sudah lebih tinggi daripada premi, maka anda harus melakukan dua hal:

Pertama, tetap membayar premi secara rutin, dan

Kedua, menambahkan top up tunggal (single top up) secara rutin juga.

Ketika biaya asuransi sudah lebih tinggi daripada premi, maka membayar premi saja tidak cukup sehingga harus ditambah top up tunggal minimal sebesar yang dibutuhkan untuk membayar biaya asuransi dan administrasi saat itu.

Atau anda bisa langsung membayar top up tunggal sebesar biaya asuransi yang dikenakan pada saat itu, tidak perlu bayar premi.

Contoh:

Sebuah polis dengan premi 1 juta per bulan telah mencapai usia 25 tahun. Nilai investasinya hampir habis dan biaya asuransi (plus administrasi) yang dikenakan pada tahun itu 2 juta per bulan.

Maka agar polis tetap aktif, selain membayar premi 1 juta per bulan, anda juga harus menambahkan top up sebesar 1 juta per bulan. Hal ini diulang di bulan-bulan berikutnya.

Saat usia polis mencapai 26 tahun, biaya asuransi naik katakanlah menjadi 2,1 juta per bulan. Maka selain tetap membayar premi 1 juta tiap bulan, top upnya harus ditambah menjadi 1,1 juta tiap bulan.

Bagaimana jika tidak usah bayar premi yang 1 juta, tapi langsung top up saja 2,1 juta tiap bulan? Ya, itu juga bisa.

Ketentuan Top Up Tunggal
  • Top up tunggal (single top up) adalah dana yang disetorkan ke polis unit link untuk menambah cadangan nilai investasi.
  • Top up tunggal bisa disetorkan kapan saja, berbeda dengan top up berkala yang pembayarannya disatukan dengan premi dan dibayar bersamaan dengan premi.
  • Minimum top up tunggal 1 juta atau sesuai besarnya biaya asuransi yang dibutuhkan (mana yang lebih besar).

Demikian. []

Produk asuransi unit link (PAYDI) di Manulife:

  1. Mission (MiUltimate Insurance Solution)
  2. Mission Syariah (MiUltimate Insurance Solution Syariah)
  3. MPA (Manulife Prime Assurance)

 

Untuk konsultasi tentang asuransi Manulife, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Business Director Manulife)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: asep_sopyan@manulife.co.id | Youtube: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *