unitlink vs reksadana

Unitlink adalah produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi, atau disingkat PAYDI. Investasinya dikelola dalam bentuk yang mirip dengan reksadana, yaitu berupa unit penyertaan investasi, dan disalurkan ke dalam berbagai instrumen investasi seperti deposito, obligasi/sukuk, dan saham.

Tapi apa bedanya unitlink dengan reksadana?

Pertama, unitlink dikeluarkan oleh perusahaan asuransi, sedangkan reksadana dikeluarkan oleh perusahaan manajemen aset (manajer investasi). Contoh perusahaan asuransi adalah PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (AJMI), dan contoh perusahaan manajemen aset adalah PT Manajemen Aset Manulife Indonesia (MAMI).

Kedua, unitlink merupakan gabungan antara unsur asuransi dengan investasi, sedangkan reksadana sepenuhnya merupakan investasi. Unsur asuransi pada unitlink pada umumnya merupakan asuransi kematian, kesehatan, penyakit kritis, dan kecelakaan.

Ketiga, karena ada unsur asuransin, biaya-biaya dalam unitlink lebih besar dan lebih banyak, sedangkan biaya-biaya dalam reksadana lebih sedikit dan lebih kecil. Biaya-biaya unitlink yang nilainya besar dan tidak terdapat pada reksadana antara lain biaya akuisisi, biaya asuransi, dan biaya administrasi.

Dari tiga perbedaan di atas, jika anda bertujuan untuk investasi, pilihan yang lebih tepat adalah reksadana. Tapi jika anda bertujuan untuk mendapatkan proteksi, unitlink bisa jadi pilihan, tapi anda perlu mempertimbangkan pilihan-pilihan lainnya karena ada asuransi tradisional seperti term life, whole life, dan endowment (dwiguna).

Reksadana pun merupakan salah satu pilihan saja dalam berinvestasi, di samping instrumen lain seperti deposito, obligasi, saham, properti, emas, dll. Tapi unitlink sama sekali tidak disarankan untuk investasi.

Memang unitlink ada investasinya, tapi fungsi investasi pada unitlink terutama adalah untuk menjaga keberlangsungan  polis asuransi. Jika diambil untuk keperluan lain, hal itu akan berpengaruh pada keberlangsungan manfaat pelindungan, karena masa aktif polis asuransi unitlink tergantung keberadaan nilai investasi.

Unsur investasi pada unit-link juga memiliki satu fungsi lain, yaitu memungkinkan nasabah mengambil cuti premi. Cuti premi artinya berhenti menyetor premi untuk sementara, dan manfaat asuransi tetap aktif karena biaya asuransi dan administrasi dipotong setiap bulan dari saldo. Cuti premi baru bisa dilakukan setelah nilai investasi terbentuk, dan nilai investasi mulai terbentuk biasanya setelah di atas 3 tahun. Semakin besar nilai investasi, semakin lama boleh cuti premi. Fitur cuti premi merupakan fitus khas pada unit-link, tidak terdapat pada produk asuransi jenis lain.

Demikian. []

Produk asuransi jiwa unit link di Manulife ada tiga, yaitu:

  1. Mission (MiSmart Insurance Solution), premi mulai 340 ribu per bulan.
  2. Mission Syariah, premi mulai 340 ribu per bulan.
  3. MPA (Manulife Prime Assurance), premi mulai 10 juta per bulan.

 

Untuk konsultasi tentang asuransi Manulife, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Business Director Manulife)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: asep_sopyan@manulife.co.id | Youtube: Asep Sopyan

Atau

Cari Agen Manulife di Kota Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *