Salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam pengajuan asuransi jiwa dan kesehatan adalah BMI (Body Mass Index) atau dalam bahasa Indonesia disebut IMT (Indeks Massa Tubuh). BMI merupakan suatu cara untuk mengetahui apakah berat badan kita ideal atau tidak dibandingkan dengan tinggi badan. BMI yang berlebih atau sangat kurang akan berpengaruh pada premi yang harus dibayar oleh peserta, bahkan jika terlalu ekstrem dapat menyebabkan pengajuan asuransi tidak diterima.

Kenapa? Karena BMI di luar batas normal menunjukkan indikasi adanya potensi gangguan kesehatan. Orang yang sangat kurus atau sangat gemuk bisa dipastikan memiliki suatu penyakit tertentu.

Rumus BMI

BMI dapat diukur dengan rumus: Berat badan (kg)/Tinggi badan (m)2.

rumus bmi

Jika tinggi badan diukur dengan centimeter (cm), rumusnya: Berat badan (kg)/tinggi badan/tinggi badan x 10000 (Baca: Berat badan dibagi tinggi badan dibagi tinggi badan dikali 10 ribu).

Indikator BMI

Ada beberapa kategorisasi BMI, di sini saya ambil yang paling lebar rentangannya.

indikator bmi

Kalkulator BMI

Untuk menghitung BMI, silakan memasukkan data tinggi dan berat badan anda pada kolom di bawah, lalu klik Hitung:


Pengaruh BMI Pada Pengajuan Asuransi

Seberapa besar pengaruh BMI pada premi asuransi?

Tampaknya beda perusahaan asuransi, beda pula sikapnya terhadap BMI.

Sejauh yang saya temukan pada hasil pengajuan asuransi sejumlah nasabah saya, BMI kurus biasanya tidak dikenakan tambahan premi. BMI normal tentu saja aman. Sedangkan BMI gemuk ada variasi, kadang diterima normal tapi kadang dikenakan ekstrapremi atau kenaikan biaya asuransi. Ada pun BMI overweight, ini pun masih ada harapan. Ada nasabah yang diterima dengan ekstrapremi, ada juga yang ditolak pengajuan asuransinya. Tampaknya kategori overweight pun masih ada levelnya lagi di mata underwriting asuransi.

Sementara demikian. Nanti saya akan update artikel ini setelah ada pengalaman dengan banyak nasabah di Manulife. []


 

Untuk konsultasi tentang asuransi Manulife, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Business Director)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: asep_sopyan@manulife.co.id | Youtube: Asep Sopyan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *