asuransi saur matua

Selain upacara ngaben di Bali, tradisi kematian yang sering dibilang menghabiskan dana besar adalah saur matua di suku Batak.

Bagi orang-orang di suku Batak, kematian ada tingkatan-tingkatannya, sesuai dengan hagabeon atau lengkapnya keturunan dari orang yang meninggal.

Saur matua berarti orang Batak yang usianya sudah cukup tua, sudah punya anak-anak dan cucu-cucu. Ketika dia meninggal dunia, upacara kematiannya diselenggarakan dengan kelengkapan peradatan yang sempurna (mate saur matua).

Upacara mate saur matua bisa dilakukan selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu, karena ada banyak tahapan yang harus dilalui, dan melibatkan seluruh anggota keluarga serta semua golongan adat di masyarakat. Jika anak-anaknya ada yang berada di perantauan (parserahan), jenazah belum akan dikuburkan sebelum semua anak-cucunya datang secara lengkap.

Rangkaian upacara saur matua membutuhkan biaya yang besar. Selayaknya pesta pernikahan, biayanya bisa puluhan sampai ratusan juta, bahkan miliaran jika yang meninggal adalah dari golongan bangsawan.

Biaya-biaya ini meliputi:

  1. Biaya persiapan (sering menunggu beberapa hari)
  2. Biaya perongkosan (jika anak di perantauan)
  3. Biaya pelaksanaan (pesta adat)
  4. Biaya membuat makam (tampak na pir/simin)

Dari mana biayanya?

Beberapa orangtua yang bijak dan cukup berada biasanya sudah menyiapkan Tano Boan (tanah yang tidak boleh dijual dan tidak dibagikan sebagai warisan), dengan maksud jika orangtua tersebut meninggal, sudah ada aset (tanah) yang bisa dijual untuk biaya upacara adat.

Jika Tano Boan tidak ada, tentunya anak-anak si orangtua itu sendirilah yang harus menyediakan dananya.

Dana ini jika tidak dipersiapkan dengan baik sejak dini, dapat menimbulkan kesulitan keuangan pada anak-anak dari orang yang meninggal. Tentunya tidak elok jika untuk acara ini harus sampai berutang karena tidak siap dana tunai.

Asuransi Jiwa, Cara Cepat Menyiapkan Biaya Saur Matua

Satu cara yang paling cepat dan praktis untuk menghindarkan kesulitan itu adalah melalui asuransi jiwa.

Syaratnya, orang yang bersangkutan harus mengikuti asuransi jiwa di saat masih hidup dan masih sehat, terutama tidak pernah mengalami sakit yang berat.

Dengan memiliki asuransi jiwa, maka dana untuk acara saur matua telah tersedia sesuai jumlah yang dikehendaki begitu polis asuransi jiwa disetujui.

Berapa biaya premi untuk mengikuti program asuransi jiwa?

Tergantung seberapa besar jumlah dana yang ingin anda sediakan untuk mengadakan upacara kematian tersebut.

Anggaplah misalnya anda ingin menyiapkan dana 100 juta saja, maka untuk orangtua usia 61 tahun dan sehat, anda cukup menyisihkan uang 500 ribuan tiap bulan. Sangat murah, bukan?

Jika anda harus mengumpulkan sendiri uang 100 juta dengan uang 500 ribuan dibutuhkan waktu hampir 20 tahun. Tapi dengan program ini, dana 100 juta sudah siap di bulan pertama begitu polis asuransi jiwa terbit.

Tentunya anda pun dapat mempersiapkan biaya kematian untuk diri anda sendiri, supaya kelak anak-anak anda tidak pusing masalah biaya.

Premi Asuransi Jiwa

Berikut adalah beberapa contoh premi asuransi jiwa dengan nilai pertanggungan antara 100 sd 300 juta, untuk pria dan wanita usia 41 tahun sd 70 tahun, sehat, tidak merokok, pekerjaan kelas 1 atau kelas 2 (tidak berisiko tinggi). Produk yang digunakan adalah MEA (Manulife Essential Assurance), produk asuransi jiwa jenis whole life (seumur hidup). Dengan masa pembayaran premi 20 tahun, perlindungan dijamin sampai usia 99 tahun dan ada nilai tunai sebesar uang pertanggungan di akhir kontrak.

contoh premi mea

Catatan:

  • Pada contoh di atas, masa pembayaran premi adalah 20 tahun. Tersedia masa pembayaran 10 tahun dan 5 tahun, dengan premi yang secara keseluruhan akan lebih murah.
  • Premi per bulan. Jika bayarnya tahunan, premi lebih hemat 14%.
  • Untuk calon tertanggung yang merokok, premi akan lebih tinggi sekitar 5%
  • Uang Pertanggungan: Jika meninggal dunia, cair 100% UP. Jika masih hidup di usia 99 tahun, cair 100% UP. Dana pasti cair.
  • Untuk memastikan klaim dibayar, saat mendaftar polis anda harus menyampaikan riwayat kesehatan calon tertanggung dengan sebenarnya.

 

Untuk konsultasi tentang asuransi Manulife, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Business Director Manulife)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: asep_sopyan@manulife.co.id | Youtube: Asep Sopyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *