life insurance business

Asuransi jiwa adalah asuransi yang memberikan santunan atau uang pertanggungan jika seseorang meninggal dunia. Santunan asuransi diterima oleh ahli waris atau penerima manfaat yang tertera dalam buku polis.

Asuransi jiwa memiliki banyak fungsi, antara lain ada enam yang bisa disebutkan:

  1. Menggantikan nafkah untuk keluarga yang ditinggalkan. Ini fungsi dasar dari asuransi jiwa, yang disebut juga  sebagai proteksi penghasilan. Jika anda punya tanggungan yang secara ekonomi bergantung kepada penghasilan anda, entah anak, istri/suami, adik, orangtua, keponakan, dll, maka anda wajib punya asuransi jiwa.
  2. Melunasi utang, termasuk bisa dijadikan banker’s clause sebagai jaminan kredit ke bank. Dengan perjanjian bankers’clause, uang pertanggungan dari asuransi akan ditransfer terlebih dahulu ke bank, dan sisanya diberikan ke ahli waris.
  3. Membayar biaya kematian dan tradisi yang menyertainya, seperti rumah duka, pemakaman, dan tahlilan (untuk kalangan muslim tradisional). Beberapa tradisi seperti saur matua di Batak dan ngaben di Bali bisa menghabiskan biaya sangat besar.
  4. Membayar biaya balik nama aset warisan, terutama aset berbentuk aset tanah dan bangunan. Dengan adanya uang dari asuransi jiwa, ahli waris tidak perlu dibebani biaya ini.
  5. Sebagai persiapan warisan. Orangtua bisa mempersiapkan polis asuransi jiwa sesuai jumlah anaknya secara adil. Dan warisan ini bebas pajak.
  6. Menjadi sedekah untuk yang terakhir kalinya. Asuransi jiwa, khususnya yang syariah, bisa dijadikan sebagai rencana wakaf, di mana uang santunan dari asuransi dapat langsung ditransfer ke yayasan yang ditunjuk.

Fungsi mana pun yang anda pilih ketika mengambil asuransi jiwa, semuanya baik, dan semuanya merupakan tanda bahwa keberadaan anda bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri, tapi untuk orang-orang lain.

Manulife Indonesia menyediakan produk-produk asuransi jiwa yang dapat dijadikan sarana untuk memenuhi tujuan keuangan anda.

  • Untuk proteksi penghasilan dan biaya kematian secara umum, anda bisa memilih PAP, MEA, Mission, atau Mission Syariah.
  • Untuk banker’s clause, ada PAP yang paling tepat, karena jangka waktunya bisa diatur sesuai jangka waktu kredit di bank.
  • Untuk warisan, MEA yang paling cocok, karena memberikan warisan pasti baik berumur pendek maupun berumur panjang.
  • Untuk sedekah jariyah atau wakaf ke yayasan yang anda tunjuk, ada Mission Syariah.

Demikian. []

 

Untuk konsultasi tentang asuransi Manulife, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Business Director Manulife)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: asep_sopyan@manulife.co.id | Youtube: Asep Sopyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *